Saatnya Indonesia menggarap energi tidal

11Mar07

Energi tidal (sumber: NASA)Energi tidal atau energi pasang surut barangkali kurang begitu dikenal dibandingkan dengan energi samudera yang lain seperti energi ombak (wave energy). Jika dibandingkan dengan energi angin dan surya, energi tidal memiliki sejumlah keunggulan antara lain: memiliki aliran energi yang lebih pasti/mudah diprediksi, lebih hemat ruang dan tidak membutuhkan teknologi konversi yang rumit. Kelemahan energi ini diantaranya adalah membutuhkan alat konversi yang handal yang mampu bertahan dengan kondisi lingkungan laut yang keras yang disebabkan antara lain oleh tingginya tingkat korosi dan kuatnya arus laut.

Saat ini baru beberapa negara yang yang sudah melakukan penelitian secara serius dalam bidang energi tidal, diantaranya Inggris dan Norwegia. Di Norwegia, pengembangan energi ini dimotori oleh Statkraft, perusahaan pembangkit listrik terbesar di negara tersebut. Statkraft bahkan memperkirakan energi tidal akan menjadi sumber energi terbarukan yang siap masuk tahap komersial berikutnya di Norwegia setelah energi hidro dan angin. Keterlibatan perusahaan listrik besar seperti Statkraft mengindikasikan bahwa energi tidal memang layak diperhitungkan baik secara teknologi maupun ekonomis sebagai salah satu solusi pemenuhan kebutuhan energi dalam waktu dekat.


Pembangkit listrik tenaga tidal terapung. Turbin-turbin air dan mesin-mesin listrik terletak di bawah air, hanya bagian atas dari pembangkit listrik tersebut yang tampak diatas permukaan laut (Sumber: Statkraft)

Perlu diketahui bahwa potensi energi tidal di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia, khususnya di perairan timur Indonesia. Sekarang inilah saatnya bagi Indonesia untuk mulai menggarap energi ini. Jika bangsa kita mampu memanfaatkan dan menguasai teknologi pemanfaatan energi tidal, ada dua keuntungan yang bisa diperoleh yaitu, pertama, keuntungan pemanfaatan energi tidal sebagai solusi pemenuhan kebutuhan energi nasional dan, kedua, kita akan menjadi negara yang mampu menjual teknologi tidal yang memberikan kontribusi terhadap devisa negara. Belajar dari India yang mampu menjadi salah satu pemain teknologi turbin angin dunia (dengan produk turbin angin Suzlon), maka tujuan yang kedua bukanlah hal yang terlalu muluk untuk kita wujudkan.


Informasi terkait:



21 Responses to “Saatnya Indonesia menggarap energi tidal”

  1. Hallo, salam kenal.

    Iya betul, potensi pengembangan pembangkit listrik tenaga tidal memang sangat besar mengingat Indonesia memiliki banyak sekali laut. Semoga pemerintah sudah mulai memikirkannya.

    Salam.

  2. 2 mahdi

    Tolongin saya donk, saya lagi buat pembengkit listrik terpung dengna menggunakan energi tidal. tapi saya kesulitan mencari literatur. jika ada literatur tolong kirimkan ke email saya di mahdi_bz@yahoo.com, trus kalo ada yang ada perhitungan alat untuk mengapung nya.
    thanx’s ya sebelumnya.

  3. salam…
    renewable energi merupakan topik yang sedang hot2nya dibicarakan, termasuk persoalan tidal. berdasarkan kondisi geografis indonesia memiliki potensi besar dalam pemanfaatan energi ini, tapi sayang masih sekedar wajacana (saya belum melihat ada kerja pemerintah konkrit untuk mewujudkan tidal power plan ini).
    secara pemanfaatan energi tidal berarti memanfaatkan pasang surut air laut untuk menggerakkan turbin, biasanya penerapannya didaerah yang memiliki DAM.Gambar anda diatas menunjukkan pemanfaatan arus laut sebagai media penggerak turbin, kenapa dimasukkan dalam kelompok tidal…? Apa hubungan arus laut dan pasang surut laut…?Apa faktor2 penyebab terjadinya arus dan pasang surut…? Jika anda memiliki artikel2 tentang persoalan ini, saya harap tidak keberatan untuk berbagi dengan saya… (boleh kirim ke email saya)
    terimakasih sebelumnya….

  4. ya… bicara teknlogi yang semakin berkembang pesat maka bicara energi pun menjadi sebuah keharusan.
    ide cemerlang…tepi keprihatinan Indonesia kecemerlangan itu terhenti dengan SDMnya. Kapan Indonesia bISA MEMBUAT ALAT SENDIRI SEKALIGUS MEMILIKI SOPIR YANG KOMPETEN…????AYO BERJUANG

  5. 5 sisca

    Mm..kyak’a kedepan bakal keren bangt deh,gak payah lagi masok minyak bumi n batu bara untuk ngasilin energi.yah..gmana g coba,udah ada pembngkit tidal,pembngkit tenga surya,n..udah ada jg pembangkit listrik yg make’ tenaga panas laut.nah..skrng tu saya lg butuh bnget literatur tentang pembngkit listrik yg make’ pnas laut..kl kamu2 punya literatur’a tlng krim dunk..ke email saya,please…

  6. 6 trinugroho

    Bagus sekali tetapi perlu dong lebih diperinci agar orang awam tahu. Teknologi yang ditutupi ya sama saja kurang menarik.

  7. 7 hetty

    teknologi yang memanfaatkan energi tidal apa sudah bisa direalisasikan di indonesia?

  8. 8 aziz

    cocok skali dg letak geografis indonesia, baiknya cepat direalisasaikan,tunggu apa lagi? kalo gak, kapan majunya bangsa tercinta ini.. (warning: jangan dikorupsi bos!!!)

  9. 9 banon

    trims buat artikel ini. Setuju buat dikembangkan di indonesia, lebih efisien daripada nuklir.

  10. 10 erna

    assalamu’alaikum
    aq setuju banget kalo indonesia menerapkan energi tidal ini. oya q juga pengen tau perkembangan energi tidal ini. kalo punya info tolong email aq ya di luner_ex@yahoo.com

  11. 11 aldi

    survei untuk indonesia tentang potensi tidal secara lengkap udah ada blum???

  12. 12 Arwan Swandy H

    energi tidal merupakan trobosan yang sangat baik untuk sumber energi, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara kelautan. sungguh luar biasa klo kita dapat memanfaatkan potensi laut tersebut,dan bukan cuma energi tidal saja yang didapat dari laut tp masih ada yang lain seperti : perbedaan temperatur air laut, pasang surut dan ombak dan gelombang laut. sampai sekarang belum ada teknologi yang mempunyai efesiensi yang cukup baik untuk pembuatan mesin pengumpul energy dari laut.sekarang ini permintaan energi sangat tinggi sementara sumber energi yang digunakan sekarang (minyak bumi) sudah menipis. sebagai masyarakat Indonesia saya rasa kita mampu untuk membuat teknologi pengumpul energi dari laut yang murah dengan daya yang besar, kami juga dari FT Jurusan Mesin UKI sudah melakukan penelitian, dan sekarang kami sudah membuat 3 tipe prototipe yang diharapkan out put dari penelitian kami dapat membantu melipaskan indonesia dari krisis energi nantinya, dengan penelitian yang sudah kami buat dengan bantuan dari berbagai pihak, kami yakin 2011 Indonesia pasti dapat memproduksi energi dari potensi lautannya.tanpa ada interfensi dari luar(KITA INDONESIA MAMPU MANDIRI UNTUK ENERGI)

  13. 13 mbethoselalu

    salam kenal ,
    permasalahan yang akan timbul adalah bagaimana kita merubah kecepatan putar rendah dari turbin air ke kecepatan putar rotor pada alternator. Pemakaian gear box untuk meningkatkan kecepatan putar rotor berdampak pada hilangnya sebagian energi dari arus.

  14. 14 ksatria ypk 77 purwakarta

    gua dukung bro.

  15. 15 samuel

    emang bener klo dipikirin energi tidal dapat membantu persediaan energi yang lain.
    tapi harus dicoba bagaimana menanggulangi efek pengganggu energi tidal ini.

  16. SALAM……
    MEMANG INDONESIA MERUPAKAN DAERAH YANG COCOK UNTUK MEMBUAT TIDAL INI TETAPI APA TIDAK ADA RESIKO YANG DITIMBULKAN OLEH TIDAL INI YANG MEMPUNYAI BALING-BALING DI BAWAH LAUT YANG KEMUNGKINAN BESAR DAPAT RUSAK KARENA ADANYA BINATANG LAUT YANG MEMUNGKINKAN BESAR DAPAT RUSAK KARENA ADANYA BINATANG LAUT YANG MELINTAS SEHINGGA DAPAT MERUSAK BALING-BALING TERSEBUT DAN MENIMBULKAN BIAYA PERBAIKAN YANG RELATIF MAHAL.
    APA TINDAKAN SELANJUTNYA?

  17. 17 surya

    salam kenal dari surya! dari PNJ jrusan teknik konversi energi!!
    komment dikit tentang sikon energie sekarang!! indonesia dari dahulu terkenal dengan negara yang kaya dengan sumber energie dari yang tidak terbarukan sampai yang terbarukan! Namun isu global tentang krisis energi sudah sepantasnya indonesia tak khawatir,karna dengan kondisi alam yang mendukung indonesia harus nya dapat bertahan.. tapi kenyataan dilapangan tak seperti harapan!! pemerintah terkesan stengah2 dalam memanfaatkan sumber energi terbarukan yang tesedia!!! tetapi dengan masih banyaknya orang yang lebih peduli dari pemerintah,mdah2an indonesia bisa bertahan dari krisis energi HIDUP MAHASISWA.. kembangkan terus teknologi keenergian kita…

  18. 18 Fahmi

    ada juga energi laut laen yang ramah lingkungan dan yng pastina renewable. Bahanya cuma butuh air laut dan air sungai yang memakai prinsip osmosis..namanya osmotic power..memanfaatkan perbedaan salinitas air laut dan air sungai..lebih jelasna bisa dibaca di blog ku. http://www.thewavemaker.wordpress.com

    cheers..

  19. 19 ROBERT SITUMORANG

    Energy alternative seperti energi Tidal merupakan sebuah terobosan di era sekarang, jika tingkat kesempurnaan pembuatannya 100% / sampai tahap produksi listrik massal maka Indonesia bisa menjadi FABRICATOR TIDAL ELECTRICAL ENERGY namun permasalahan di Indonesia adalah generasi bangsa yang cerdas dan memiliki kemampuan dan tidak didukung oleh negara (MENRISTEK)….semoga negara tau kekurangannya….Amin.

    semangat untuk teman-teman mahasiswa UKI.. Terus berkarya…..

  20. 20 burhan

    tidal emang potensial banget di negara kelautan. salah satu energi yang ga habis dan ramah. tapi sampai saat ini negara-negara yang menggunakan energi dari pasang-surut umumnya adalah negara yang memiliki gelombang pasang yang tinggi karena ketinggiannya kan memengaruhi tekanan. sejauh ini, kepulauan di Indonesia tinggi air/gelombang pasangnya belum dapat memenuhi untuk dapat dibangun pembangkit listrik energi pas-sut. tapi dengan inovasi dan modifikasi, kurangnya ketinggian gelombang untuk tekanan pasti bisa diatasi. lalu sekarang siapa yang harus bergerak?

  21. Ini potensi besar yang dimiliki bangsa ini. Selanjutnya adalah bagaimana kita menyadarinya, menghargainya dan memanfaatkannya.

    Jadi kalau selama ini, banyak pihak yang menyatakan bahwa negri yang kita cintai ini kekurangan/krisis energi, maka bisa dikatakan bahwa pernyataan tersebut adalah salah. Buktinya masih banyak sektor penghasil energi yang belum kita kembangkan. Yang lebih tepat adalah bangsa ini belum mampu mensyukuri apa yang diberikan Tuhan.

    Mari kita bergerak bersama, jika pemerintah belum mampu atau tidak mau melakukan action. Maka tiba saatnya, bagi kita untuk tampil sebagai pejuang pembangun bangsa.

    M Faisol Riza
    http://www.indonesiatekno.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: